Gak mau nyakitin!

Sudah ada dua orang sahabat yang bilang ke saya kalo lebih baik gak usah bilang apa-apa atau cari kata yang maknanya abu-abu kalao eggak mau menyakiti lawan bicara saya. Apalagi kalau lawan bicara saya adalah orang dekat.

 

Ehm, berkali-kali saya berpikir, puter sana-sini. Kalo saya gak jujur saya rasanya kok gak plong..kepengen banget jujur, tapi saya juga gak siap kalo harus jujur. Tapi sahabat saya bilang, “gak apa- apa kok..kamu gak harus perlu jujur, apalagi kalo kamu tahu bahwa kejujuran kamu bisa buat mereka sakit..sakit hati atau sakit badan”

 

Saya mikir-mikir lagi, ehm..emang gak gampang kok berkomunikasi. Kata nabi, “berkomunikasilah sesuai kadar kemampuan lawan bicara kamu”…. Kalo gitu, kita harus pandai-pandai cari kata yang tepat dan mudah dimengerti oleh lawan bicara kita.  Ehm..sebagai orang yang, InsyaAllah punya pendidikan dan pengalaman yang lebih baik..(Alhamdulillah) kita harus memposisikan diri sebagai lawan bicara yang berhati luas..legowo dan banyak maklum.

 

Mungkin, mungkin…batas pemahaman lawan bicara kita akan berangsur berubah..bisa jadi si lawan bicara yang awalnya kita anggap “jauh” di bawah, atawa gak mungkin banget ngerti maksud dan keinginan kita, ternyata bisa mencium dan mengangkap maksud kita dengan baik, pada akhirnya. Jadilah, yang ada sama-sama saling memahami. Bisa jadi, tanpa kata-kata loh..

 

Tapi kalo di puter2 lagi, (hi hi..aku seneng muter-muter ternyata)..enak banget kalo kita bisa ungkapin apa mau kita dari awal..dan lawan bicara kita ngerti maksud kita juga dari awal. Enaknya lagi kalo kedua belah pihak, sejajar legowo dan luas hatinya. Tapi mana bisa harus selalu begitu..”maksa banget” deh kayaknya.

 

Kalo gitu dari semua yang muter2 diatas, menurut saya ada beberapa langkah untuk mencapai komunikasi yang baik. Eh jangan lupa ini buat yang lagi susah berkomunikasi, tentu saja..kalo dua2 udah cair dan asyik, langkah2 dibawah..gak perlu dalem2 banget di jalani kali ye, he he…Okeh lah ini dia..

  1. Pahami lawan bicara
  2. Cari kata-kata yang tepat dan pas
  3. Siap-siap lah berhati luas, banyak maklum, dan sabar
  4. Terus deh berusaha nyampein maksud kite, dengan berbagai cara..bisa lewat kata yang pas atawa sikap yang ngademin..

InsyaAllah lancar…Semoga!

 

 

Leave a Reply

