Bebas…

Suatu waktu aku melihat burung, terbang riang..merasakan angin, berhembus kencang…dan aku menyamakannya dengan  kebebasan.  Kebebasan yang indah..

 

Aku tidak tahu apa aku sudah menjadi bebas atau belum. Rasa dan pikirku menjawab belum. Kadang malah aku bingung apa sebenarnya arti bebas itu sendiri, ya..bodohnya aku. Kadang juga aku merasa bahwa aku sudah berjalan menuju bebas, tapi aku masih tidak yakin apa bebas ada akhirnya.

 

Aku masih suka meredam ekspresi diriku, dalam ruang..dalam lingkaran pergaulan, dalam keluarga, bahkan dalam blog ini. Aku masih takut membuka diri mengatakan pada orang apa ada nya aku, menyampaikan rasa, pikir dan mauku.. masih ada rasa khawatir apa kata mereka tentang aku. Kenapa aku jadi konyol cuma pikir diriku sendiri, begitu pikirku. Ah..aku jadi merasa bodoh!

 

Kadang aku memilih diam, berpikir bahwa tidak perlu semua keluh kesah, ide dan pikiranku didengar orang, daripada aku buat orang sakit hati atau kecewa. Aku memilih diam dan menelan nya dalam-dalam.

 

Aku tahu, aku punya orang terhebat dalam hidupku yang paling tahu dan mengerti aku. Aku tahu dia tidak pernah menjadikan ku orang lain…Ya, kami bersepakat, tapi masing-masing kami bebas bersuara..bahkan kami tentu suka bersengketa kata.

 

Aku tidak tahu sebetulnya apa yang membuat aku belum bisa memeluk kata “bebas” erat-erat..Mungkin aku masih perlu waktu untuk jadi bebas, mungkin memang juga bebas tidak pernah ada akhirnya, mungkin juga bebas tidak harus selalu menyatu dengan nafas…Bebas..Bebas…Ah…Bebas!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

