Makan di Resto, Asin..Asem…Muahal!

Baru ajah pulang makan malem diluar nich, di resto Mediteranian deket kampus UCR, cuma abis makan malah  ngerasa seubeul. Iya, seubeul ajah ternyata itu resto cuma ninggalin kenangan ‘muahal’nya doang.  Emang bisa jadi daku salah order makanan, tapi asli..dari rincian menu yang daku pesen (sald, falafel, hummus)  semuanya gak pas dilidah, yang keaseman-lah, ..keasinan-lah, ..ampe kebanyakan, he he.

Wah..padahal daku termasuk fleksibel sama makanan loch. Biasanya daku  pesen yang aneh2 kalo di Resto. Biasanya juga suka cerewet nanya, dari apa bahannya… dan gimana masaknya (berusaha hati-hati cari yang gak ada campuran babinya), he he. Tapi emang gak sampe cerewet2 banget sech, atau sampe mikir jauh..banget, kaya “apa penggorengannya pernah di pake masak babi atau engga ya..” he he. Gak lah..gak gitu2 amat. Kalo iya begitu, wah…bisa ampe kagak pernah makan di resto deh kita.

Alkisah nih, selain keaseman dan keasinan. Harganya juga rada kurang pas. Pas, si pelayan bilang, “it’s $40 dollar and 32 cents”..daku bilang, “it doesn’t sound right”, terus dia tunjukin deh rinciannya. Daku bilang, “kenapa pula harganya beda sama di menu”—“Oh ya bu, itu harga menu siang, ini belum di  ganti dan porsinya juga besaran kok”—walah, terus aku bilang lagi, “ogah ah bayar segitu, kemahalan, gue ganti order aja, lagian gue gak mau porsi besar”, dalam hati sih sebenarnya gue ngerasa ketipu juga. Ditambah lagi, gue ogah pesen satu porsi besar (porsi makanan yang kecil ajah di resto Amerika udah cukup buat ukuran orang Indo). Nah ini, gue juga baru pertama kali mampir and gak tahu enak apa kagak-nya.  Akhirnya sih, si pelayan bilang, “OK mam, I will give you dinner portion for the price of lunch”. Daku bilang, “boleh lah..boleh”…ya  jadilah kita bayar 33 dollar, berapa cents gitu.

Sebenernya kalo harga $40 keatas tuch wajar buat ukuran sini. Kita juga sesekali lah bayar segitu kalo emang niat makan malem enak di luar.  Kalo ada syukuran khusus misalnya, atau sekedar mau romantis-romantisan di resto, kits biasanya rada rapihan dikit deh. Belum tips dan dessert, $40 keatas emang harganya. Cuma kemaren tuch, resto yang kita datengin semi FastFood, dan kelihatanya biasa. Kalo resto yang biasa, misal resto Vietnam, China atau Thai…$20 udah enak dan kenyang.

Anyway, selama transaksi berlangsung nich, misua mah santai aja. Emang dia gak pernah cerewet kalo di resto, dan dia selalu mesen yang udah pasti-pasti aja.  Karena misua selalu pesen menu yang ‘familiar’,  posisi beta jadi aman dech. Soalnya kan kalo ternyata pesenan beta gak enak, beta bisa minta makanan misua dech, he he.  Overall, masih tetep bersyukur bisa makan….bisa punya lidah yang bisa ngerasa beraneka makanan, bisa milih tempat makan dan bisa makan di temenin misua tersayang. Sebagian orang,  bisa jadi banyak jumlahnya…gak punya kesempatan kaya daku, “boro2 komplain soal rasa”, udah bisa makan pake nasi doaongan aja udah anugrah. Inget Neng, inget…bersyukur…bersyukur..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s