Kenikmatan dalam hening

Saya menemukan kenikmatan dalam hening, itu kalimat yang muncul dalam benak saya suatu waktu. Kata hening akhir-akhir ini memang mengusik pikiran dan batin saya. Berawal dari kebiasaan saya memperhatikan sekeliling, alam, orang-orang yang saya cintai dan juga diri saya sendiri, saya tenggelam dalam hening.

Keheningan memberi saya kesempatan untuk berfikir, menerawang, mengenal kembali jati diri saya, menjelajahi dan menjiwai kembali masa lalu dan kekinian.

Keheningan menggiring saya pada ketenangan. Iya memberi saya ruang untuk mengoreksi hati saya. Menakar sudah seberapa tebalkah debu di hati saya. Menelusuri dan menilai diri sendiri apa sesungguhnya yang saya cari di dunia fana ini, dan apa makna segala aktifitas hidup saya.

Keheningan mampu membuat saya menjaga jarak dengan TV, Radio, Youtube, Facebook, dan media-media lain sejenis yang kadang tidak mengusung pencerahan hati, fikir dan jiwa saya. Ia seperti menggiring saya jauh dari hiruk-pikuk manusia-manusia yang sebagiannya sedang menikmati pujian dan ketenaran.

Keheningan membuat saya menikmati kicauan burung dengan syahdu. Melihat hijaunya rumput, daun, dan mekarnya bunga dengan tergoda. Menikmati jatuhnya suara air hujan yang terdengar seperti alunan musik.

Keheningan membuat saya merasai dan mendengar panggilan orang-orang kekasih begitu mesra. Ia juga mampu membawaku pada peresapan alunan ayat-ayat suci , mereka seperti menyembuhkan dan membahagiakan.

Keheningan mampu menyelamatkan saya untuk tidak hanyut pada apa yang tidak saya inginkan berada dan lakukan. Ah, keheningan..dia jelas-jelas membawa saya pada kedamaian bathin, perlahan menyulap saya untuk memulai bercanda dan bermesra lagi dengan Tuhan.

Leave a Reply

