Niat dan Cita

Gila aku..
Bagai ribuan ikan kecil di selokan yang sempit
Otakku panas, terasa sesak dipenuhi kata dan bait
Berhamburan, tak tentu arah, meloncat-loncat

Lucu aku..
Mulutkupun moncong dan keningkupun berkerut
Berulang kali ku katai diriku sendiri, ah pengecut!
Kenapa pula berputar-putar, sudah hayoo renggut!

Tersadar aku..
Yang berlarian kocar-kacir itu sudah harus aku jahit
Pelan, pasti, yakin..hingga menjadi sebuah quilt
Yang mewakilkan, menghibur, dan membuat hanyut

Meminta aku..
Tuhan, Tajamkan mata hati ku yang kadang pekat
Hingga penaku yang menari tidak terjerembab
Tapi terus berdansa di tempat yang jauh dari gelap

(Riverside, 24 Maret 2010)

Leave a Reply

